I Lost 4kg in a Weeks

by - Tuesday, August 08, 2017

Hi hi mentemen pa kabarnya^^ Ini adalah postingan pertama aku di bulan Agustus. Postingan aku kali ini sedikit berbeda dari postingan aku sebelumnya yang kebanyakan membahas soal kecantikan wajah. Sebenarnya masih berkutat dengan kecantikan siihh tapi kecantikan tubuh.
Image Source: studua.org
Disini aku akan share tentang pengalaman diet aku yang sudah pernah aku lakukan 2 tahun lalu, dan aku mengulanginya lagi di tahun ini. Kenapa ? Ya karena bb baca: berat badan aku sekarang overweight :(Sebenarnya bukan karena ingin kurusnya, tetapi my life habit yang buruk banget setahun belakangan ini, yang ngebuat berat badan aku naik drastis. Dan aku sebelumnya mau sedikit cerita nih mentemen kenapa bb aku bisa naik padahal aku baru saja menurunkan bb ku 2 tahun lalu. 

Singkat Cerita Aku 2 tahun lalu berhasil menurunkan berat badanku sekitar 8kg dan bb ku menyentuh  kepala 4 dengan metode diet mayo. Yang pastinyaaaaa sangat berat sekali untuk melakukannya :( Apa ada disini mentemen yang belum tahu apa itu diet mayo ? Diet mayo adalah diet rendah garam Bukan rendah lagi sih, tetapi tidak boleh makan makanan yang mengandung garam even nasi putih sekalipun selama 13 hari. Dan Diet ini sudah banyak sekali orang yang melakukan terutama orang Indonesia, karena effectnya yang luar biasa memangkas lemak 5-10kg selama kurang lebih 2 minggu. Siapa yang ga tergiur coba ? Akhirnya aku cobalah diet mayo itu tahun 2014 akhir dan aku berhasil, meskipun aku semat kehilangan napsu makanku karena BOSAN makan makanan tanpa rasa, akhirnya diminggu terakhir aku hanya mengkonsumsi buah buahan saja. Tetapi disini aku tidak akan membahas tentang diet mayo hehehe Singkat ceritanya aku berhasil memaintain bb aku selama kurang lebih 5 bulan dengan olah raga secara teratur dan makan secara teratur (mengikuti jam makan diet mayo) aku setiap hari melakukan zumba dirumah, hanya untuk memastikan keringatku keluar setiap harinya. Pokoknya sehat banget deh aku. Ehtapi masuk taun 2015 aku mulai bekerja kantoran. Dari situ makanku mulai tidak terkontrol, tetapi bb naik saat itu tidak drastis dikarenakan kebiasaanku berjalan menuju kantor, dan pastinya selalu menggunakan pakaian yang pas dibadan, sehingga jika aku mulai kelebihan berat badan, aku masih bisa mengkontrolnya karena aku selalu memakai pakaian kantor, dan yang terpenting masih ngekos juga, anak kosan jadi makan ga terlalu kalap. Tetapi di awal tahun 2016 aku memutuskan untuk pindah kerumah org tua dan tidak kos lagi.. Naaahhh dari sinilah setan gembrot mulai merasuki tubuhku hahhaah... 
Image Source: Calorie Secrets
Masakan mama, dan segala macam makanan dirumah yang tersedia membuatku lupa akan bb ku hehehe sedikit demi sedikit brtimbunlah lemak karena aku sudah berhenti berolahraga setahun lalu. Dan diakhir taun 2016 aku mulai streesss berat dengan bb dan juga jerawatku, yang aku tahu jerawatku tidak kunjung berhenti karena makanan yang ku konsumsi karena terlalu over dan kebiasaan burukku. Belum lagi aku selalu kesusahan mendapatkan foto dengan angle yang bagus karena kanan kiri lebar gilaaaa~ :(( Reputasiku sebagai BEAUTY INFLUENCER hancuurr huhuhuhuhu *kok jadi drama banget yaahhh hahahah Ingin memulai diet tapi susah banget, segala macem dicoba obat-obatan juga,turun siiihh tapi ya gitu naik lagi bb krn makanan ga di kontrol. Sampai akhirnya akhir bulan July kemarin aku berkomitmen untuk memulai hidup sehat ditanggal 1 Agustus ini. Yaaayyyyyy dan akhirnya aku mulai Diet tanggal 1 kemarin Diet apa yang dijalanin ? Ini sebenernya diet yang aku adaptasi dari mayo, tetapi penerapannya ga sampe 13hari, karena jujur aku gakuat mommyyyyyy!!!! Tetapi aku sudah berkomitmen untuk mengatur pola makanku setelah berhasil menurunkan bbku minimal 3kilooooooo ajaaaaa~ heehe

Kenapa harus nunggu turun baru mau hidup sehat ? Untuk aku pribadi sihh penurunan berat badan yang sangat signifikan itu ngebuat aku semnagat untuk menjaga badan aku kedepannya, dari pola makan sampai olah raga aku pasti akanlakuin, karena aku punya start yang bagus Itu menurut aku yaaahh~ Naahhh disini aku akhirnya berhasil menurunkan berat badan aku yang OVERWEGIHT sorry capslock :( di 63Kg dengan tinggi 155cm menjadi 59Kg dengan kurun waktu 6 hari saja. Parah banget kan ? aku naik 10 kilo lebih dari bb awal aku udah kaya orang hamil aja sedihhh :( 

terus apa aja yang aku makan selama 6 hari ini ? Kenapa cuman 6, satu harinya kemana ? Satu harinya ada tapi aku udah ga mendokumentasikan makanan aku dihari terakhir hehehehe dan kurang lebih sama sih yang aku makan dari hari-hari sebelumnya so ini dia menu makanan from Day 1 until Day 6

DAY 1 
Breakfast 7:00AM-8:00AM untuk menu pagi hari aku hanya minum teh manis dan makan satu lembar roti tawar. Teh manis untuk menambah tenaga di pagi hari, aku memakai gulanya hanya 2 sendok teh jadi rasanya masih sedikit tawar karena aku memang gasuka teh yang terlalu manis, terus roti twar ini sebenrnya aku mau makan yanggandum untuk diet ini, tetapi kemarin pas banget beli lagi kehabisan dan males muternya lagi, jadi aku makan aja yang ini hehehe 
Lunch 12:00AM menu makan siang ini, aku masih kebingungan mengolah makanan dihari pertama, dan pastinya males sih sebenernya, karena aku sudah melakukan diet ini jadi aku lebih memilih makan buah-buahan. Aku memilih salak,, karena texturenya yang padat jadi membuat perutku tahan lapar lebih lama, dan papaya yang mengandung air lebih banyak dari salak.
Dinner 6:00AM rada berat dinnernya tumis bayam dengan bawang putih dan merica, dan tumis daging dengan bawang putih, gula merah, asam jawa, dan merica. Ini aku masukin campuran-campuran yang ala kadarnya banget yah biar ga boring-boring amat rasanya. Ditambah buah-buahan seperti Jeruk, dan papaya

DAY 2 
Breakfast 7:00AM-8:00AM Masiih sama dengan yang kemarin yah mentemen makanya fotonya sama hehehehe 
Lunch 12:00AM Kebetulan aku lagi diluar saat jam makan siang, dan hampir aja kelupaan kalau aku harus take a photo before eat, jadi yah tuh udah mau habis makanannya, disini aku beli makanannya di hypermart ada Infuse Lemon Water, Plain Yoghurt yang low fat tentunya, dan satu mangkuk buah mangga, uummmhhh lumayan mengenyangkan untuk siang ini
Dinner 6:00AM Karena aku sampai rumah udah sore dan tidak ada waktu menyiapkan makan malam, jadi aku makan buah aja, ini aku makan buah salak biar rada kenyang, ditambah satu buah alpukat dengan toping kurma madu (masih buah). OMG aku sebenernya eneg banget :(( dan kuat kuat aja ga makan malam ini, tapi harus di isi perutnya biar ga kena magh nantinya

DAY 3 
Breakfast 7:00AM-8:00AM Seperti biasa sarapannya dengan selembar roti dan teh manis
Lunch 12:00AM Aku kelupaan makan siang mentemen, jadinya aku baru makan lagi nanti malam. Karena kerjaan lagi banyak jadi lupa sampe ga kerasa lapernya hehehehe

Dinner 6:00AM Untuk makan malamnya aku memasak tumis sawi putih dan udang, sawi putihnya cuman ku bumbui dengan merica bubuk mentemen ditambah bawang putih, dan bawang bombay Rasanya ? Lumayan sihhhh buat aku ini rada enak, daripada yang kemarin hari pertama, meskipun pastinya hambar hahahha karena manisnya dari udang sedikit menambah rasa. Dan yapp pencuci mulutnya 2 potong buah melon

DAY 4 
Breakfast 7:00AM-8:00AM Pagi ini aku mencoba memakan 2 potong roti (ya aku menambahkan porsi makanku hari ini dengan 1 lembar roti lagi) menggunakan yoghurt, hhmmmm ternyata rasanya enak banget, dan seperti biasanya dengan teh manis, kali ini karena aku sudah menambahkan yoghurt di menu makan pagiku aku mengurangi konsumsi gula di teh manisku, aku hanya menggunakan gula satu sendok teh saja
Lunch 12:00AM Makan siang seperti biasa aku makan buah, dan yaaa yaa yaaa~ hahaha banyak sekali aku makan buah siang ini hehehe karena aku lapar hehe
Dinner 6:00AM MAkan malam aku makan sepotong buah pumpkin yang direbus dan satu butir telur rebus. Masih ada sisa buah salak kemarin jadi aku makan juga satu buah

DAY 5
Breakfast 7:00AM-8:00AM  Sarapan pagi ini seperti kemarin karena aku sangat ketagihan hehehe 
 
Lunch 12:00AM Sebenrnya hari ini aku sudah mulai malas makan, karena bosan juga sihh hehehe jadi aku memaksa diriku untuk tetap makan meskipun hanya satu pisang saja. huhuhuhuhuh
Dinner 6:00AM Sama seperti tadi siang, aku sudah mulai bosan makan, tetapi jika aku tidak makan bisa bahaya jadi aku putuskan makan apple karena seratnya yangtinggi dapat membuat perutku kenyang lebih lama

 DAY 6 
Breakfast 7:00AM-8:00AM Suddah mulai bosan dengan menu makan pagi ini. Tetapi aku paksa makan karena aku kemarin makan sangat dikit huhuhuh
Lunch 12:00AM Siang ini aku ingat ada bengkuang yang belum aku buka dan melon uhuhuhu jadi aku makan siang dengan 3 buah-buahan ini apple, bengkuang, melon
Dinner 6:00AM  Aku mulai merindukan sayur asem, sop, soto ayam huhuhuu makan malamku kali ini dengan sebutir telur rebus dan juga tahu rebus tanpa rasa hahaha ada buah2an seperti tadi siang

Dihari terakhir alias hari ke 7 aku sudah malas mendokumentasikan kegiatanku, karena aku sudah mulai bosan dengan menunya sebenarnya ada jagung manis cuman aku lupa memasukannya kedalam menu diatas. Dan juga napsu makanku tidaklah hilang mentemen, melainkan BOSAN jadi jangan khawatir jika aku akan mengidap Eating Dissorders atau biasa di sebut anorexia ahahaha dan akhirnya aku menimbang berat badanku dihari terakhir sudah mencapai 59kg. Ini pastinya akan gampang sekali naik jika aku tidak mengkontrol makanan apa saja yang masuk ketubuhku. Jadi aku masih tetap melakukan diet di hari ke 8 tetapi aku sudah mulai memakan nasi, dan juga sayur dengan garam. Karena aku sudah mulai makan dengan rasa, aku memutuskan untuk mengurangi konsumsi gula. Baik itu dari nasi putih, minuman dan lain lain bagaimana aku melakukannya ? Dan menu apa saja yang aku makan setiap harinya ? Aku akan update setiap hari diblogku untuk menu makanan apa yang aku buat. Seperti hari ini aku sudah memiliki dua menu makan siang dan malam yang aku akan update besok. 
*before after photo menyusul yah

So yeaahh itu dia mentemen postingan aku kali ini, aku memosting ini bukan untuk mengajak mentemen untuk mengikuti program dietku, tetapi ini adalah bentuk apresiasi terhadap diriku sendiri, penyemangat aku supaya aku berhasil menurunkan berat badan dan hidup secara sehat lagi kedepannya. Jika ada mentemen yang tidak setuju dengan program yang aku jalani saat ini, itu hak mentemen, karena kekuatan tubuh seseorang itu berbeda2 begitupun aku, karena aku yakin aku kuat makan aku melakukan itu. 

See you on my next Post
*kisseu


BACA JUGA

You May Also Like

0 komentar